Text
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smpn 2 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Salah satu tugas kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan sekolah itu agar menjadi sekolah yang berprestasi adalah dengan cara meningkatkan keprofesionalan guru, karena dengan memiliki guru-guru yang profesional sebuah lembaga sekolah akan menjadi lebih baik, karena dengan keprofesionalan guru bisa mengarahkan setiap siswa kearah yang lebih mapan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 2 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya, dan untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja guru di SMPN 2 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, dan Dewan guru. Adapun pendekatan penelitian yang peneliti gunakan yaitu metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMPN 2 Blangpidie Aceh Barat Daya kepala sekolah berperan sebagai manajer dan supervisor dimana fungsi manajer yaitu mengelola tenaga pendidik, dan fungsi supervisor adalah melaksanakan kegiatan supervisi proses pembelajaran yang mana dengan supervisi tersebut dapat mengetahui kelemahan dan keunggulan guru SMPN 2 Blangpidie Aceh Barat Daya. Kinerja guru di SMPN 2 Blangpidie Aceh Barat daya baik karena, guru di SMPN 2 Blangpidie mampu menguasai IPTEK, guru juga hampir rata-rata memiliki kompetens seperti kompetensi Pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi keprofesionalan.
STIT-03389 | 001.43 | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain